Skip to main content

Bahasa Pemrogran Untuk Pemula



JavaScript

Pernh NDA sih u masuk ke sebuah *website* dan melihat animasi, *pop-up* , dan tombol yang bisa di klik? Nah, ini semua dibuat dengan bahasa pemograman *JavaScript* _JavaScript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website interaktif dan dinamis_  Dengan elemen interaktif dan animasi, Anda dapat menarik perhatian Anda dan meningkatkan engagement di website Anda. Untuk menggunakan JavaScript dengan optimal, Anda juga bisa menggunakannya bersamaan dengan server-side language, Node JS. Tidak hanya itu, jika Anda ingin bisa benar-benar mahir dapat menggunakan JavaScript, Anda juga harus nyaman menggunakan HTML dan CSS.

1.)HTML

*Hyper Text Markup Language* atau yang lebih dikenal dengan istilah *HTML adalah salah satu bahasa pemograman yang paling terkenal. HTML sendiri adalah sebuah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah website* HTML selalu direvisi dan berevolusi agar bisa mengikuti perkembangan internet. Revisi dan evolusinya dilakukan di bawah W3C, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas HTML.

HTML sendiri terdiri dari beberapa short codes. Nantinya kode-kode ini akan menjadi sebuah text yang disimpan menjadi sebuah file HTML. Nantinya file ini akan dibuka di browser. Browser akan membaca file dan menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan visual sesuai dengan keinginan developer. Dalam mengerjakan kode HTML, Anda perlu menggunakan tag dengan benar agar tampilannya akan sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menulis HTML, Anda dapat menggunakan editor teks sederhana ataupun text editor HTML seperti Atom, Sublime, dan Notepad++.

2.)CSS

*Cascading Style Sheets* atau lebih dikenal dengan nama *CSS adalah sebuah bahasa programming yang dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web* CSS mengontrol aspek desain yang berbeda dari HTML. Dengan CSS, Anda bisa mengatur warna tulisan, jenis font yang digunakan, jarak spasi antar paragraph, berapa ukuran kolom yang Anda butuhkan, background dan warna apa yang ingin Anda gunakan, layout desain web Anda, bagaimana website Anda akan terlihat di berbagai device dan ukuran layar, dan masih banyak lagi. Dalam pengerjaannya, CSS biasa digabungkan dengan markup language seperti HTML atau XHTML.

3.)Python

*Python adalah bahasa pemograman yang bisa dilakukan untuk banyak hal di semua sistem operasi komputer modern*  Anda bisa menggunakan python untuk memproses text, angka, gambar, dan ber
bagai data yang Anda simpan di komputer. *Python digunakan setiap hari oleh mesin penelusur Google, website video-sharing YouTube, NASA, dan New York Stock Exchange.*

*Python adalah bahasa yang perlu diterjemahkan* Ini berarti python tidak akan dikonversi ke kode yang bisa dibaca komputer sebelum program dijalankan. Mereka baru akan diterjemahkan saat program dijalankan.  Bahasa seperti ini sering juga disebut dengan istilah bahasa scripting karena mereka digunakan untuk mengurus hal-hal yang bisa dikatakan sepele. Tetapi Python tidak hanya digunakan untuk mengurus hal-hal sepele. Sudah banyak aplikasi di luar sana yang ditulis dengan menggunakan Python. Selain itu, dengan Python Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini:

*Programming CGI untuk Aplikasi Web
Membangun RSS Reader
Reading dari dan Writing ke MySQL
Reading dari dan Writing ke PostgreSQL
Membuat calendar di HTML
Dan masih banyak lagi*

4.)Java

*Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer karena 90% dari perusahaan Fortune 500 menggunakannya* Slogan terkenalnya “write once, run everywhere” menjadi salah satu alasan mengapa Java sangat banyak digunakan di luar sana. Ditambah lagi, mereka memiliki Java Virtual Machine *(JVM) yang kuat, yang membuatnya kompatibel di berbagai platform.*

Java paling banyak digunakan oleh back-end developer, big data developer, architect, system engineer, dan Android developer. Meskipun Java mungkin bukan bahasa programming yang paling keren saat ini, Java masih banyak digunakan dan akan terus digunakan di masa yang akan datang.

5.)C++

Pertama kali dibuat pada tahun 1985, C ++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel. Bahasa ini tetap diminati karena performanya, reliabilitasnya, dan berbagai konteks yang dapat Anda gunakan. C++ juga banyak digunakan oleh sistem-sistem besar seperti Microsoft, Oracle, PayPal, dan Adobe untuk membuat dan mengelola program-program mereka.

*C++ banyak digunakan oleh developer aplikasi desktop, terutama untuk performance-intensive task.*  Meskipun agak rumit, memahami C ++ akan memberi Anda pemahaman yang lebih dalam tentang cara kerja bahasa, misalnya dengan memberikan fasilitas manipulasi memori tingkat rendah.

6.)Ruby

*Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai. Ini dirancang agar ramah dan mudah digunakan oleh developer, karena bahkan taglinenya sendiri adalah “teman terbaik programmer.” Ruby adalah bahasa high level yang bertujuan untuk mencapai banyak hal dengan beberapa baris kode yang bersih dan mudah dibaca. Kode Ruby yang ditulis dengan baik hampir terlihat seperti kalimat yang ditulis dalam bahasa Inggris biasa. Ruby bisa dibilang lebih lambat dalam hal efisiensi dibandingkan dengan bahasa populer lainnya – tetapi itu pasti meningkatkan produktivitas Anda.*

7.)PHP

*PHP adalah salah satu bahasa pemograman back-end yang paling popular di website.* PHP digunakan untuk memperbagus tampilan sebuah halaman website. Dengan PHP, Anda bisa membuat fitur-fitur website seperti membuat halaman login username dan password, mengecek detail sebuah form, membuat forum, galeri gambar, survei, dan masih banyak lagi. Jika Anda melihat website yang memiliki akhiran PHP di alamatnya, ini berarti developer websitenya menggunakan PHP untuk mempercantik website.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Armitage

Armitage adalah sebuah Tools Grafis (Windows & Linux) untuk manajemen serangan yang digunakan pada Metasploit yang mampu memvisualisasikan target anda, merekomendasikan eksploitasi, dan memperlihatkan kemampuan canggih melalu sebuah skema.  Armitage bertujuan untuk membuat Metasploit dapat digunakan untuk praktisi keamanan yang mengerti hacking. Jika Anda ingin belajar Metasploit dan melihat fitur-fitur canggih yang disiapkan, Armitage bisa jadi solusi anda. Armitage mengatur kemampuan Metasploit saat proses hacking. Terdapat fitur untuk Discovery, akses, Post-exploitation, dan penetrasi/Manuver. Untuk penemuan, Armitage mengekspos beberapa fitur-fitur manajemen host Metasploit. Anda dapat mengimpor host dan menjalankan scan pada database sasaran. Armitage juga memvisualisasikan database target sehingga anda akan selalu tahu mana host Anda bekerja dan di mana Anda memiliki session. Armitage membantu dengan Remote Exploitation – menyediakan fitur untuk secara otomatis mereko

Pengertian Deface Dan Hukum Hukumnya

A.) Pengertian Deface _Deface yang berdasarkan kamus UMUM berarti merusakkan; mencemarkan; menggoresi; menghapuskan tetapi arti kata deface disini yang sangat lekat adalah sebagai salah satu kegiatan merubah tampilan suatu website baik halaman utama  atau index filenya ataupun halaman lain yang masih terkait dalam satu  url dengan website tersebut (bisa di folder atau di file)._ *Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server* teknik ini dapat dilakukan karena terdapat lubang pada sistem security yang ada di dalam sebuah aplikasi. Hal ini bertujuan untuk melakukan perubahan tampilan pada website korban dengan tampilan yang dimiliki oleh si defacer. Deface merupakan sebuah serangan yang dilakukan untuk mengganti visual dari sebuah website. Para hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya diketahui oleh khalayak hacker. B.) Jenis-Jenis pen-Deface Deface dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan dampak pada halaman situs yang t